Al-Abyadh
Vol 5 No 2 (2022): Edisi Desember

PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK ISLAM HANIFA KARAWANG

Purnamasari, Mita Dewi (Unknown)
Darmiyanti, Astuti (Unknown)
Putri, Feronica Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzel Letters terhadap keterampilan pengenalan huruf siswa PAUD. TK Islam Hanifa Karawang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan model One Group Pretest Posttest. Penelitian ini melibatkan 10 siswa, terdiri dari enam perempuan dan empat laki-laki. Penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) untuk mengetahui kemampuan awal anak sebelum mendapatkan terapi (treatment) dengan pembelajaran memanfaatkan media puzzle, serta tes akhir (posttest) untuk menilai kemampuan akhir anak setelah diberikan perlakuan dengan media letter puzzle. Data tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif untuk menentukan dan mengkarakterisasi hasil dari data lapangan yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan Paired Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi yaitu Thitung sebesar 6,885 > Ttabel sebesar 2,262 dengan sig. (0,000) (0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Puzzle Huruf berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Islam Hanifa Karawang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Abyadh

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Al Abyadh adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini merupakan sarana publikasi artikel berupa hasil penelitian, pengabdian dan literature review dalam bidang anak usia dini baik mengenai perkembangan anak, kurikulum, manajemen, media, pengelolaan ...