Al-Abyadh
Vol 5 No 2 (2022): Edisi Desember

PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI

Rahmi, Nazmi Nailul (Unknown)
Tuti Hayati (Unknown)
Arif Nursihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Hal tersebut terlihat pada saat kegiatan pembelajaran di mana anak cenderung diam dan kurang merespon pada saat guru mengajukan pertanyaan, anak kurang berani dalam mengungkapkan ide ketika guru memberikan kesempatan, anak belum bisa memberikan alasan ketika memilih jawaban, serta anak kurang aktif dalam menyimpulkan kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 14 anak di kelompok B RA Yapinur Limbangan Garut. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode proyek dibandingkan dengan penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Abyadh

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Al Abyadh adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini merupakan sarana publikasi artikel berupa hasil penelitian, pengabdian dan literature review dalam bidang anak usia dini baik mengenai perkembangan anak, kurikulum, manajemen, media, pengelolaan ...