BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 2 No. 2 (2022)

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS IKAN YANG TERDAPAT DI SUNGAI AMPENAN, MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

Sabran Sanutra (Universitas Mataram)
Muhammad Syazali (Universitas Mataram)
Muhammad Erfan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Sungai merupakan tempat hidup dari berbagai biota air tawar, salah satunya ikan. Sungai kini dipandang sebagai jalur akhir pembuangan berbagai limbah rumah tangga. Hal yang cukup menjadi perhatian yaitu pembuangan limbah detergen ke aliran sungai. Sungai Ampenan yang mengalir membelah Kota Mataram dengan kepadatan penduduk di dalamnya, juga mendapatkan imbasnya sebagai jalur akhir pembuangan limbah-limbah rumah tangga. Tentu jika hal tersebut dibiarkan berkelanjutan dan dalam jangka waktu yang cukup lama, akan berdampak langsung terhadap jalannya ekosistem di dalamnya. Berangkat dari hal tersebut, tentu tidak semua ikan mampu beradaptasi dan bertahan hidup dalam kondisi air yang telah tercemar. Hal ini mengindikasikan bahwa perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi jenis-jenis ikan yang terdapat di Sungai Ampenan, Mataram. Kegiatan survei dilakukan pada bulan Oktober 2022 yang bertempat di Sungai Ampenan, Mataram. Data-data hasil identifikasi diperoleh dari metode Visual Encounter Survey (VES) dan juga melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah teridentifikasi terdapat 5 jenis ikan digolongkan kedalam 4 ordo, 4 familia, dan 4 genus. Kelima spesies ini adalah Channa striata (Ikan gabus), Barbonymus gonionotus (Ikan tawes), Oreochromis niloticus (Ikan nila), Oreochromis mossambicus (Ikan mujair), dan Clariidae (Ikan lele). Dari kelima spesies yang berhasil diidentifikasikan ini menunjukkan bahwa hanya beberapa spesies ikan yang mampu beradaptasi dan bertahan hidup terhadap kondisi perairan sungai yang telah tercemar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...