Literasi dan numerasi merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa,khususnya dibangku sekolah dasar.Dimana hal tersebut sangat berguna sebagai bekal siswa dalam memahami sebuah informasi, mengolah serta mengaplikasikan konsep bilangan serta keterampilan operasi hitung didalam kehidupan sehari-hari.Karena literasi dan numerasi sangat penting maka dari itu, pemerintah melakukan banyak observasi lapangan dan menemukan rendahnya pengetahuan literasi dan numerasi siswa di Indonesia saat ini khususnya daerah 3T,maka dari itu pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Mentri Nadiem Anwar Makarim membuat sebuah program merdeka belajar yang dimana kampus mengajar merupakan salah satunya.Tujuan diadakannya kampus mengajar adalah untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta membantu pembelajaran disekolah khususnya SD didaerah 3T.Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan peneliti dalam program ini meliputi : kegiatan literasi dan numerasi,adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah.Maka dari itu,tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perkembangan serta melihat kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV di SDN 14 Talang Muandau yang ternyata masih banyak terdapat hambatan dalam proses pembelajaran literasi dan numerasi. Metode yang digunakan deskriftif kualitatif dengan peneliti bertindak sebagai observar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas IV sangat tertarik dengan pembelajaran bermain sambil belajar dengan menggunakan media pembelajaran serta metode pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok lebih efektif sehingga kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkatan. Kata kunci:; Literasi dan Numerasi: Kampus mengajar : Meningkatkan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022