JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 1 No. 6: Januari 2022

APLIKASI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN TK DARUSSALAM WEDORO BELAHAN

Made Ayu Anggreni (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Mulyono (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Tinuk Fauriyah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini banyak anak yang mengikuti berbagai bimbingan belajar di luar jam sekolah, mengakibatkan anak stres, waktu bermain berkurang, dan akibatnya ada anak yang menjadi gila, banyak orang tua menuntut agar anaknya pintar, di bidang akademik. Sehingga anak mogok sekolah, cepat bosan, dan kurang konsentrasi dalam belajar. Hal ini akan berakibat pada perkembangan kecerdasan anak khususnya perkembangan sosialnya pada keterampilan mewarnai biasanya disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya saat proses perkembangan sosialnya. Guru kurang mengenalkan permainan tradisional gobag sodor kepada anak-anak. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang telah diketahui diperkuat dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,12 lebih besar dari ttabel 1,73 dengan taraf signifikansi 3,12 dan signifikansi 1,73 tingkat 1,73 dimana N = 20 yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis kerja (H1) yang menyatakan “ada pengaruh positif permainan tradisional gobag sodor terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Belahan Wedoro” diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gobag sodor dapat berdampak pada perkembangan sosial anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...