Fungsi kemasan sebagai identitas yang mutlak diperhatikan. Kemasan yang menarik dapat menjadikan nilai tambah bagi produk karena memiliki kemasan yang berbeda dari produk lainnya. Hal ini dikarenakan pengunjung dan konsumen memiliki penilaian dalam hal kemasan makanannya yang dilihat dari kebersihan kemasan, dan keunikan kemasannya sehingga menuntut untuk lebih berkreativitas dalam membuat kemasan produk makanan. Poin masalah dari pelaku usaha kecil adalah masalah packaging dan promosi yang kurang. Hal ini dikarenakan masih banyak pelaku usaha kecil yang belum memahami dan bisa melakukan packaging yang dapat menarik minat konsumen agar membeli produknya. Kurangnya pengetahuan tentang packaging membuat banyak produk usaha kecil yang tidak memiliki packaging yang layak sehingga produk tersebut kurang laku dipasaran. Padahal melalui packaging dapat memberikan informasi kepada pelanggan mulai dari merk, logo, informasi produk seperti masa kadaluarsa dan gizi yang terkandung. Oleh karena itu pengabdian masyakarat kali ini yaitu membantu para guru untuk menciptakan desain packaging yang menarik bagi produk sekolah ataupun produk untuk usahanya sendiri. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah para guru - guru yang mengajar di Al-Islah Surabaya. Setalah dilakukan kegiatan pelatihan tersebut, guru-guru mampu mengaplikasikan kepada produk yang telah dimiliki.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022