Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI KOGNITIF IPS SISWA KELAS V SD No. 1 SELAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Anak Agung Putu Rasmiani (STKIP Suar Bangli)
Pande Agus Adiwijaya (STKIP Suar Bangli)
Cokorda Istri Agung Wijayanti (STKIP Suar Bangli)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif IPS tema sejarah peradaban Indonesia melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SD No. 1 Selat dengan siswa kelas V tahun ajaran 2018/2019 sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif dan kuantitaf dengan kriteria keberhasilan adalah nilai siswa mencapai minimum 75. Hasil yang diperoleh adalah, pada pra- siklus, nilai rata-rata siswa adalah 65.60 dengan ketuntasan klasikal hanya 23.68% yang tergolong belum tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 75.74 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63.16%, namun belum dapat dikatakan tuntas karena belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 79.63 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 81.58%, dari data tersebut, dapat dikatakan tuntas da n sudah mencapai target yang ditetapkan peneliti. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis mind mapping dapat meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif IPS siswa kelas V SD No. 1 Selat tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

rarepustaka

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka hadir untuk mewadahi tulisan baik berupa artikel penelitian, artikel ilmiah, maupun kajian ilmiah lain yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar. Penggunaan Rare Pustaka sebagai nama jurnal ilmiah karena istilah "Rare" dapat diartikan anak yang mengandung ...