Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jehem Tahun Ajaran 2017-2018. Sedangkan data tentang ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan membandingkan nilai ulangan harian siswa dengan nilai KKM (nilai KKM 6,8). Adapun teknik pengumpulan data dengan metode observasi, hasil tes somatif kelas IV dan hasil tes awal di kls IV. Kegiatan analisis data terdiri atas kegiatan pengolahan data dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa data awal yang diperoleh menunjukkan dari 33 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dan setelah dilakukan tindakan dalam dua kali pertemuan pada siklus I menurun menjadi 10 siswa dan siklus II turun bahkan tidak ada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 63,64 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,00. Hasil penelitian tersebut menjadi bukti kebenaran hipotesis yang disampaikan peneliti bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) jika dalam pelaksanaannya guru dapat berperan secara maksimal maka dapat memberi jawaban atas permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran yang menyangkut rendahnya prestasi belajar siswa
Copyrights © 2019