Jurnal Studi Islam dan Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022)

STRATEGI DAKWAH DIGITAL DALAM MENINGKATKAN VIEWERS DI CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS

Aziz Setya Nurrohman (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)
Anwar Mujahidin (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Dakwah di media digital menjadi tren di kalangan pendakwah saat ini. Perkembangan media komunikasi membawa perubahan penyebaran dakwah lebih kreatif dan inovatif melalui YouTube. Salah satu konten dakwah kreatif yakni pada channel Jeda Nulis membuat konten berjudul Kultum Pemuda Tersesat yang meraih telah ditonton hingga tiga juta kali. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan terakhir verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan: Habib Ja’far melaksanakan dakwah di YouTube untuk menyebarkan ajaran toleransi beragama dan Islam yang cinta damai dengan membuat forum diskusi bersama Tretan Muslim dan Coki Pardede. Faktor penyebab konten tersebut ditonton banyak pengguna YouTube karena Habib Ja’far memanfaatkan dengan baik media YouTube yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Menggunakan algoritma YouTube untuk membantu video direkomendasikan walaupun masih belum optimal. Menyajikan video dengan visual menarik, konten yang mudah dipahami generasi muda, dan bahasa gaul sesuai pemahaman mereka. Ditambah humor untuk mengurangi ketegangan saat berdakwah atau berdiskusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jusma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini pada studi Islam dengan pendekatan multidisipliner dari kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, dan Sejarah Peradaban ...