Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 064033 Medan Johor tahun pemblajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini seluruh siswa di SD Negeri 064033 Medan Johor berjumlah 160 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sample dalam hal ini peneliti memilih kelas V yang berjumlah 32 siswa untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif jenis survey.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefesien korelasi sebesar 0,891 artinya thitung ( 0,891) ≥ rtabel (0,349) maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang sangat kuat antara pola asuh orangtua (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas V SD Negeri 063044 Medan Johor. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana rhitung ≥ rtabel yaitu 10,776 ≥ 1,694 sehingga menyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang singnifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 064033 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2021/2022.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022