Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI PENERIMA DAN PENGEMBANG ILMU PENGETAHUAN

Fadhilah (Universitas Negeri Padang)
Yeni Erita (Unknown)
Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Manusia sejak dilahirkan ke dunia ini, mereka harus mengembangkan pengetahuan mereka. Pengetahuan ini dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa dan keterampilan berpikir yang dapat mentransfer pengetahuan. Manusia memiliki banyak karakteristik, seperti kemampuan menyerap dan mengembangkan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat manusia sebagai penerima dan pengembang informasi. Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberi kesempatan untuk berusaha dan berkarya di dunia agar kelak kembali kepada Tuhan. Manusia terdiri dari dua unsur, fisik dan psikis. Kedua unsur tersebut memiliki potensi masing-masing yang saling melengkapi untuk memperkuat fitrah manusia sebagai hamba dan khalifah Tuhan di muka bumi. Menurut Al-Qur'an, fitrah manusia adalah bahwa manusia terdiri dari unsur fisik, intelektual dan spiritual. Sedangkan Sifat manusia adalah hamba dan khalifah Allah di muka bumi, yang terdiri dari tiga unsur yaitu:unsur jasmani, unsur intelektual dan unsur rohani. Orang memikirkan hal-hal baru karena mereka tidak hanya hidup untuk bertahan hidup, mereka hidup untuk lebih baik. Artinya manusia memiliki tujuan hidup yang lebih tinggi, sehingga manusia terus mengembangkan ilmu yang diterimanya, untuk menjadi makhluk lain yang berbeda. Ilmu Pengetahuan berasal dari berbagai sumber yaitu pengalaman, akal, lembaga pendidikan, wahyu dari Tuhan melalui para nabi. Untuk itu, manusia harus mencari ilmu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...