Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan
Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD DI KLATEN PADA MASA COVID 19

Sri Suwartini (Unwidha Klaten (PGSD, FKIP Universitas Widya Dharma Klaten))
Nela Rofisian (Unwidha Klaten (PGSD, FKIP, Universitas Widya Dharma Klaten))



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif menggunakan analisis data kualitatif sehingga menjadi paparan data yang mudah di pahami. Pembelajaran pada sekolah dasar atau madrasah ibtidiyah ( MI ) dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi yang di pakai seperti google classroom, zoom, google meet dan whatsapp group. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajanr siswa pada masa covid-19. Responden yang diambil adalah siswa, guru dan orang tua siswa SD di Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sangat bepengaruh terhadap minat belajar siswa, Dari 15 siswa disiklus I mengalami peningkatan dari 78,5% menjadi 85% dari 7 yang tidak tuntas yaitu 22 % menjadi 3 sebesar 15%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

publish

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan sarana publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi PGSD FKIP Universitas Kuningan melalui kegiatan Seminar Nasional yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Tema kegiatan Seminar Nasional yaitu pendidikan dasar, ...