Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif menggunakan analisis data kualitatif sehingga menjadi paparan data yang mudah di pahami. Pembelajaran pada sekolah dasar atau madrasah ibtidiyah ( MI ) dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi yang di pakai seperti google classroom, zoom, google meet dan whatsapp group. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajanr siswa pada masa covid-19. Responden yang diambil adalah siswa, guru dan orang tua siswa SD di Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sangat bepengaruh terhadap minat belajar siswa, Dari 15 siswa disiklus I mengalami peningkatan dari 78,5% menjadi 85% dari 7 yang tidak tuntas yaitu 22 % menjadi 3 sebesar 15%.
Copyrights © 2021