Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter tokoh wayang Yudhistira dan implementasi nilai karakter wayang Yudhistira di SD Muhammadiyah Girikerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nilai karakter peserta didik SD Muhammadiyah Girikerto. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik SD Muhammadiyah Girikerto mampu memiliki karakter sesuai dengan nilai karakter tokoh wayang Yudhistira. Adapun nilai karakter yang terkandung dalam tokoh wayang Yudhistira yaitu: 1) Religius, 2) Kepemimpinan, 3) Jujur, dan 4) Tanggungjawab. Implementasi nilai karakter tokoh wayang Yudhistira dilakukan melalui: 1) Pembuatan perangkat pembelajaran, 2) Proses pembelajaran seperti memimpin doa, pengumpulan tugas, dan keaktifan di kelas, serta 3) Penerapan nilai karakter peserta didik di lingkungan sekolah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah karakter tokoh wayang Yudhistira mengandung nilai-nilai karakter yang baik sehingga dapat digunakan sebagai pembentukan karakter pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat saran yang dikemukakan oleh penulis, yaitu penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang Yudhistira tidak hanya sebatas kegiatan pembelajaran di kelas tetapi dapat diimplementasikan di lingkungan sekitarnya.
Copyrights © 2021