Pembelajaran tematik pada kelas IV belum terlaksana secara maksimal karena guru masih belum memadukan pembelajaran yang inovatif dan juga mengenakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa bersikap pasif disaat aktivitas belajar mengajar serta siswa kurang menguasai materi pembelajaran. Tujuan dari riset ini ialah untuk mengetahui pengaruh media monopoli tematik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik. Jenis riset ini ialah riset kuantitatif Pra- Eksperimen Design dengan tipe One Group Pretest- Posttest. Populasi riset penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan informasi memakai prosedur uji, observasi, serta dokumentasi. Nilai keterampilan berpikir kreatif siswa saat sebelum serta sehabis diberi perlakuan mengenakan media monotik mengalami kenaikan. Hasil uji t hitung diperoleh 21, 649 sedangkan t tabel dperoleh 1, 706. Sehingga dapat dikatakan ketika pendidikan tematik menggunakan media pendidikan monotik layak digunakan dan memiliki pengaruh posistif serta signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Media Monotik, Berpikir kreatif, Pembelajaran Tematik
Copyrights © 2021