Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dalam teks ceramah siswa kelas XI SMK Tunas Bangsa Tawangsari. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa kalimat yang memuat kesalahan dalam tulisan teks ceramah siswa yang diklasifikasikan berdasarkan aspek yang diteliti yaitu aspek penggunaan ejaannya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi kemudian dilanjutkan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis datanya berupa model Miles dan Huberman yaitu teknik analisis data yang terdiri dari 3 tahap, mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis datanya terdapat empat aspek kesalahan penggunaan ejaan yaitu (1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan penulisan kata (3 kesalahan penggunaan tanda koma. Harapannya dengan mengetahui macam-macam kesalahan penggunaan ejaan yang benar, diharapkan para pembaca bisa menghindari kesalahan seperti yang ada dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023