Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

An Evaluation Of English Textbook For Second Grade Elementary School

Gani Arief Trie Adi Nugroho (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Evi Karlina Ambarwati (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Buku pelajaran merupakan komponen penting dalam pengajaran dan biasa digunakan sebagai sumber atau media pembelajaran bagi guru. Namun, terkadang buku ajar yang digunakan guru tidak dapat dikatakan layak untuk mengajar karena buku ajar yang digunakan mungkin memuat materi yang tidak sesuai dengan tingkatan siswa yang dituju. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi buku teks yang akan digunakan untuk pengajaran, sehingga guru dapat mengetahui apakah buku teks layak digunakan sebagai sumber atau media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi buku teks bahasa Inggris kelas II sekolah dasar yang berjudul “STAIRWAY a Fun and Easy English Book”. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Kriteria penilaian buku teks Ur (1996) digunakan untuk mengevaluasi buku teks. Penilaian buku teks memuat 18 kriteria yang meliputi aspek materi, penyajian materi, kebahasaan, dan aspek kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Inggris berjudul “STAIRWAY a Fun and Easy English Book” untuk kelas II SD memenuhi relevansi 16 dari 18 kriteria.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...