Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh metode kibar terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya. Analisis ini menggunakan variabel independen metode kibar dan variabel dependennya adalah kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Sampel penelitian ini adalah anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya, yang berjumlah 10 anak, 6 laki-laki dan 4 perempuan. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang terdiri dari 3 indikator dan 9 butir amatan yang berupa tes berbentuk skor, yang kemudian didokumentasikan dengan foto. Metode statistik pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest, dengan melakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil dari perhitungan tersebut diperoleh thitung = 15,5303 sedangkan dk = 10+10-2 = 18 dengan taraf nyata 0,025 sehingga di dapat ttabel 2,1009. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh metode kibar terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023