Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Kibar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelas A di RA Fatimah Sriwijaya

Hesti Febriana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Mardeli Mardeli (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Ali Murtopo (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh metode kibar terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya. Analisis ini menggunakan variabel independen metode kibar dan variabel dependennya adalah kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Sampel penelitian ini adalah anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya, yang berjumlah 10 anak, 6 laki-laki dan 4 perempuan. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang terdiri dari 3 indikator dan 9 butir amatan yang berupa tes berbentuk skor, yang kemudian didokumentasikan dengan foto. Metode statistik pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest, dengan melakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil dari perhitungan tersebut diperoleh thitung = 15,5303 sedangkan dk = 10+10-2 = 18 dengan taraf nyata 0,025 sehingga di dapat ttabel 2,1009. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh metode kibar terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelas A di RA Fatimah Sriwijaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...