Serupa : The Journal of Art Education
Vol 11, No 4 (2022)

STUDI HASIL KARYA MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Safwan Muhajir (Universitas Negeri Medan)
Tetty Mirwa (Universitas Negeri Medan)
Adek Cerah Kurnia (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii kualitasi hasil karya  siswai SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil dalam menggambar ragam hias flora pada vas bunga. Populasii dalam penelitian ini adalah seluruh karya siswa kelas VII dengan jumlah populasi 200 dan besar sampel penelitian ditentukan dengan teknik (cluster randomi sampling) sebanyak  20 karya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan teknik analisis Data kualitatif yang terkumpul menggunakan observasi dan dokumentasi. Penilaian diperoleh dari tim validator yang terdapat tiga gurui Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Jumlah skor (r) 83,35(baik), sudah melewatinilai KKM 75 karya (25%) memperoleh predikat C (cukup baik), 14 karya (70%) memperoleh predikat B (baik), 1 karya (5%) memperoleh predikat A (sangat baik) dan D (kurangbaik) sebanyak 0%. Skor total tertinggi (90) dan skor total terendah (76). Simpulannya kualitas karya sudah baik dan kemampuan siswa menerapkan prinsip-prinsip Seni Rupa dalam menggambar Ragam Hias Flora pada Vas Bunga   sudah baik. Disarankan siswa bisa lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi pembelajaran tentang menggambar Ragam Hias terkhusus Ragam Hias Flora.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...