Istilah manajemen pendidikan Islam sudah banyak diketahui bahwa pembahasannya tidak akan jauh dari istilah manajemen pendidikan, pemaparannya di setiap referensi terkait manajemen pendidikan Islam pada akhirnya akan berujung di penjabaran manajemen pendidikan secara umum. Akan sulit jika menjelaskan tentang manajemen Pendidikan Islam tanpa melihat referensi dari bahasan umum dari manajemen pendidikan itu sendiri. Begitupun jika disambungkan dengan ruang lingkup manajemen pendidikan Islam sudah bisa dipastikan akan berkaitan erat secara umum dengan ruang lingkup manajemen pendidikan. Ruang lingkup tersebut dapat dimaknai dengan batasan objek yang menjadi tujuan bagi pengelola lembaga pendidikan Islam dalam melakukan pengelolaan lembaganya. Oleh karena itu dirasa sangat penting dan dipandang perlu untuk mengetahui dan memahami ruang lingkup manajemen pendidikan Islam secara menyeluruh dan menjadi suatu pengetahuan yang bermanfaat untuk kepentingan umat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lembaga-lembaga pendidikan yang melakukan pengelolaan dengan menggunakan manajemen pendidikan Islam. Dalam pelaksanaannya apakah sudah berjalan dengan maksimal atau masih banyak yang harus dibenahi. Tentunya dibatasi pada runag lingkup manajemen Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dengan metode kajian pustaka yang disajikan dengan berdasarkan fakta-fakta di lapangan. Menjadi konsekuensi yang logis jika sistem Pendidikan yang dijalankan sebagai Pendidikan Islam Terpadu akan memaksa menggunakan manajemen khusus terpadu pula. Manajemen Pendidikan yang efektif dan efisien yaitu dengan cara manajemen kolektif, dilakukan dengan semangat kolektifitas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023