Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS

PEMANFAATAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A DI PAUD NUANSA UDAYANA SILIGITATAHUN PELAJARAN 2018/2019

Yunita Nirwanasari (STKIP Suar Bangli)
I Putu Oka Suardana (STKIP Suar Bangli)
I Wayan Numertayasa (STKIP Suar Bangli)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Berdasarkan Undang – undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2009 pasal 1 yang membahas tentang bahasa, Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut sebagai Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi nasional yang digunakan diseluruh wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu Bahasa Indonesia sangat penting karena merupakan bahasa pemersatu bangsa. Berdasarkan paparan terssebut maka diadakannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di PAUD Nuansa Udayana Siligita melalui metode bercerita sehingga dapat mencapai indikator keberhasilan dengan kreteria penialaian BSH sebesar 85%. Hasil dari penelitian ini adalah : saat dilakukan observasi awal, kriteria penilaian BSH sebesar 26%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I kriteria penilaian BSH mencapai 53% karena belum mencapai indikator keberhasialan maka dilanjutkan ke Siklus II, di siklus ini kriteria BSH mengalami peningkatan sebesar 87%. Berdasarkan hasil penenelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan media bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di PAUD Nuansa Udayana Siligita

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

deiksis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Deiksis merupakan media publikasi dari hasil penelitian dengan focus dan scope pada penelitian tentang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra di Indonesia. Penggunaan Deiksis sebagai nama jurnal ilmiah diilhami dari istilah deiksis dalam ilmu linguistik yang berarti ...