Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan para guru di SMK Praja saat mengajar daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen daftar wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa secara deskriptif untuk menjabarkan hambatan bagi para guru saat mengajar daring. Dari hasil Analisa, ditemukan bahwa hambatan yang dialami saat mengajar daring adalah 1) kurangnya kuota internet untuk guru dan siswa, 2) ketidakstabilan sinyal internet, 3) sikap siswa yang kurang baik terhadap pembelajaran daring, 4) kurang cakap guru dalam menggunakan gadget saat mengajar daring, 5) keterbatasan waktu, dan 6) kurang dukungan infrastruktur dan fasilitas untuk pelaksanaan pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada para guru untuk lebih sering lagi melakukan pelatihan dalam melaksanakan pembelajaran daring, kepada sekolah disarankan untuk menyediakan infrasturktur pendukung yang lebih baik, serta kepada pemerintah disarankan untuk menyediakan akses internet yang lebih baik lagi.
Copyrights © 2021