Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M)
Vol. 4 No. 2 (2022)

Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa?

Asyrifah Zaini Wahdah (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Putri Nur Malasari (Institut Agama Islam Negeri Kudus)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Rata-rata nilai matematika yang didapatkan siswa SMP di Kabupaten Pati mengungkapkan adanya beberapa siswa yang belum mencapai target prestasi belajar matematika yang sesuai dengan nilai KKM matematika yang ditentukan. Rendahnya prestasi yang didapatkan tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa keadaan. Salah satu keadaan yang berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika adalah tingkat kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel yang terpilih sebanyak 99 siswa kelas VII di salah satu SMP di Pati dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang dipergunakan adalah skala kecerdasan emosional. Analisis data yang dipergunakan yaitu teknik analisis regresi linear sederhana, semua perhitungan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berkonstribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

factorm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Factor M focuses on the main issues in mathematics education and applied mathematics. In addition, Journal Factor M also discusses issues that generally exist in the field of mathematics ...