Satya Widya
Vol. 38 No. 2 (2022)

PENGARUH GAYA MENGAJAR STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION DAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP CAPAIAN BELAJAR MATERI ROLL DEPAN: The Influence of Student Achievement Division and Self Directed Learning Teaching Style on The Learning Achievements of Forward Roll

Yudho, Firdaus Hendry Prabowo (Unknown)
Fauziah, Sifa (Unknown)
Yuliandra, Rizki (Unknown)
Nasution, Nana Suryana (Unknown)
Aryanti, Nita Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh metode belajar Students Team Achievement Division (STAD) dan Self Directed Learning (SDL) terhadap peningkatan kemampuan keterampilan roll depan yang dilaksanakan dalam situasi pembelajaran normal dengan jumlah 12 kali pertemuan. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan jumlah sampel 37 orang yang terdiri atas 19 orang sampel siswa dengan perlakuan gaya mengajar STAD dan 18 orang siswa mendapatkan perlakuan SDL. Data penelitian didapatkan dengan cara uji roll depan di awal dan akhir penelitian. Analisa deskriptif dan inferensial kemudian dilakukan untuk mendapatkan hasil uji rerata beda dari para sampel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil akhir dan awal test keterampilan handstand melalui metode STAD dan SDL pada materi pembelajaran senam roll depan, dengan keunggulan pada gaya mengajar STAD yang lebih signifikan dibandingkan gaya mengajar SDL.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...