Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 1 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Filadelfia Pemangkat

Gressy Gressy (STKIP Singkawang)
Mertika Mertika (STKIP Singkawang)
Dewi Mariana (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini; Untuk mendeskripsikan bimbingan orang tua, prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar orang tua yang dilambangkan dengan (X), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang dilambangkan dengan (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau angket dengan menggunakan skala likert dan lembar hasil prestasi belajar siswa yang diambil dari rapor siswa. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa; hubungan bimbingan belajar yang baik dari orang tua maka prestasi belajar yang diperoleh siswa juga akan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, dan semakin baik bimbingan orang tua terhadap siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa tersebut. Sebaliknya jika bimbingan orang tua menurun maka prestasi belajar siswa juga akan menurun. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...