Penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar dalam menyelesaikan soal open-ended materi barisan dan deret. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI SMA di Klaten TA 2021/2022. Pemilihan subjek didasarkan pada keterwakilan setiap tipe gaya belajar berdasarkan hasil analisis angket gaya belajar dan kemampuan siswa berdasarkan dokumen nilai guru. Kemampuan berpikir kreatif siswa diukur dengan tes essay menggunakan 3 soal tipe open-ended dan teknik wawancara. Data tes dianalisis secara deskriptif dan kualitatif sedangkan data hasil wawancara dianalisis secara kualitatif. Diperoleh simpulan, 1) Siswa gaya belajar visual memiliki kategori kurang kreatif menyelesaikan satu soal dan kreatif dalam menambah informasi lain; 2) Siswa gaya belajar auditorial memiliki kategori kurang kreatif dalam menyelesaikan satu soal dan cukup kreatif dalam memahami kesalahan dengan mengingat materi; 3) Siswa gaya belajar kinestetik memiliki kategori kurang kreatif menyelesaikan satu soal, cukup kreatif menggunakan gerakan tangan saat menjelaskan hasil pekerjaan yang kurang rapi, dan kreatif menjelaskan sambil mencoret lembar soal.
Copyrights © 2022