Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2023)

Refleksi Karakter Masyarakat Madura dalam Film Pendek Mata Pena: Kajian Semiotika

Hidayat, David Hidayat (Unknown)
Yulianto, Bambang (Unknown)
Savitri, Agusniar Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan karakter kehidupan masyarakat Madura yang terkandung di dalam film “Mata Pena” dengan pendekatan semiotika. Urgensi penelitian ini untuk mendasari pandangan bahwa orang Madura tidak seperti pandangan negatif yang dipikirkan selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak video, catat hal-hal penting, dan pustaka sebagai referensi penguat terhadap argumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah dengan mereduksi data sesuai dengan klasifikasinya, menampilkan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aspek tanda tersebut dikelompokkan dalam bentuk ujaran denotasi, konotasi, dan mitos. Secara sederhana, makna denotasi adalah penggamabaran makna sebenarnya dari bahasa Madura ke dalam bahasa Indonesia. Untuk makna konotasi dan mitos adalah dua hal yang berkaitan terhadap makna yang disepakati dalam kehidupan kebudayaan masyarakat Madura. Hal tersebut tergambar pada mitos yang berisi tentang peribahasa (parebhasan) Madura yang disepekati bersama. (2) Refleksi (karakter) pada film pendek Madura tersebut berisi beberapa karakter yaitu kekeluargaan, kokoh (teguh), berhati-hati, dan dapat dipercaya. Karakter-karakter tersebut merupakan implementasi kebudayaan masyarakat Madura dalam berkehidupan sosial dalam sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...