Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2022: SPECIAL EDITION: LALONGET III

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa IAIN Madura: Teknik dan Strategi Pengelolaan Kelas Praktik Platform Merdeka Belajar

Alatas, Mochamad Arifin (Unknown)
Romadhon, Sahrul (Unknown)
Efendi, Agik Nur (Unknown)
Zahroh, Farichatuz (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar memerlukan Teknik dan strategi pengelolaan kelas agar berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik dan strategi pengelolahan kelas pada mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan platform merdeka belajar IAIN Madura. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data deskriptif, reflektif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini dari interaksi guru pamong, guru PPL, dan peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar. Data penelitian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pengelolaan kelas dalam kegiatan pembukaan adalah dengan Teknik preventif. Sedangkan pada kegiatan inti pembelajaran adalah teknik preventif dan Teknik kuratif. Kemudian pada kegiatan penutup dengan menggunakan Teknik preventif. Strategi pengelolaan kelas dalam Kegiatan pembukaan meliputi strategi bertanya, strategi umpan balik, dan juga strategi belajar kelompok. Pada kegiatan inti, juga tidak jauh berbeda yakni strategi bertanya, umpan balik, dan juga strategi kelompok. Sedangkan pada kegiatan penutup, adalah dengan rangkuman, refleksi, dan tidak lanjut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...