Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Konseling Individual dengan Teknik Kursi Kosong di SMK Negeri 4 Kota Jambi

Muhammad Yogi Hadi (Universitas Jambi)
Nelyahardi Nelyahardi (Universitas Jambi)
Affan yusra (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena lapangan yang memperlihatkan bahwa masih terdapat siswa cenderung belum dapat mengoptimalkan kemampuan yang ada di dalam diri. Dibuktikan ketika siswa diberi pertanyaan oleh guru, siswa tersebut tidak dapat menjawab padahal siswa sudah mengetahui jawaban tersebut, faktor tidak percaya diri inilah yang menghambat siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru. Selain menjawab pertanyaan, diketahui pula bahwa dalam proses pembelajaran siswa tersebut cenderung pasif, dibuktikan dengan tidak pernah mengajukan pertanyaan atau menanggapi pernyataan guru atau teman-temannya. Selain itu, ketika siswa ditunjuk maju untuk berbicara di depan kelas oleh guru, siswa mengalami kesulitan untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Diketahui pula bahwa siswa terlihat kurang aktif dalam memulai komunikasi dengan teman yang ada di sekolah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kepercayaan diri melalui penerapan layanan konseling individual dengan teknik kursi kosong pada siswa di SMK N 4 Kota Jambi. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian tindakan layanan (PTL) dengan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian menggunakan single subject design sehingga dalam penelitia ini hanya terdapat satu orang subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Penelitian dilakukan dengan melakukan layanan konseling individual kepada konseli dan dilanjutkan dengan layanan konseling individual dengan teknik kursi kosong sebanyak tiga intervensi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan layanan konseling individual dengan teknik kursi kosong di SMK Negeri 4 Kota Jambi terbukti efektif sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri pada subjek penelitian. Pada awal sebelum dilaksanakan layanan konseling individual dengan teknik kursi kosong diketahui bahwa nilai kepercayaan diri subjek sebesar 50,0% berada pada kategori sedang. Setelah mengikuti pelaksanaan pada intervensi I kepercayaa diri meningkat menjadi 55,0% dan Kembali meningkat 57,5% pada intervensi ke II. Puncak peningkatan terjadi pada intervensi III dimana kepercayaan diri subjek meningkat sebesar 10% dan berada pada kategori yang tinggi. Artinya dalam pelaksanaan 3 intervensi tersebut, kepercayaan diri yang dimiliki oleh subjek penelitian mengalami total peningkatan sebesar 17,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...