Perkembangan anak di antara banyak aspek perkembangan anak usia dini yang mengalami perubahan bertahap dari waktu ke waktu adalah perkembangan fisik, intelektual, sosial, dan emosional. Jika dirangsang dengan baik, perkembangan anak dapat berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap perkembangan anak usia 5-6 tahun. Ex-Post Facto merupakan pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang mencakup seluruh anggota dalam populasi. Jumlah guru yang menjadi sampel adalah 30 orang. Analisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, dengan hasil uji regresi linear menunjukan nilai Linearty antara 0,04<0,05 menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak dapat dipengaruhi oleh kualifikasi akademik guru.
Copyrights © 2023