Jurnal Keilmuan dan Keislaman
Vol. 1, No. 4, Desember 2022

Dukungan Orang Tua saat Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 6 Sukoharjo

Faqih, Muhammad Jundi Al (Unknown)
Partini (Unknown)
Daliman (Unknown)
Sudinadji, M.B. (Unknown)
Mumpuni, Kistantia Elok (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Belajar di rumah selama pandemi merupakan suatu aktivitas yang tidak bisa dihindari oleh anak-anak sekolah dari berbagai tingkatan sekolah, semua media pembelajaran menjadi terfokus pada sistem daring atau online sebagai penghubung antara pihak guru kepada murid dan wali murid. Orang tua menjadi terlibat aktif dalam proses belajar anak dalam memahami materi dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran orang tua dalam memberikan pendampingan terhadap anak selama belajara di rumah (pembelajaran daring) selama pandemi. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua (ibu) yang bekerja, berusia 30-43 tahun, dan memiliki 2-3 orang anak. Responden terdiri dari 4 orang wali murid dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Sukoharjo, pengambilan data melalui wawancara langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa di masa pandemi orang tua (ibu) berperan aktif menggantikan sosok guru saat belajar dari rumah serta memastikan fasilitas penunjang seperti hp dan laptop selalu siap digunakan oleh anak. Interaksi antara orang tua (ibu) dan anak menghadirkan kedekatan fisik serta emosional dan komunikasi yang hangat, sehingga terbangun pemahaman anak tentang nilai dan norma hidup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Religion Humanities Control & Systems Engineering Education Public Health

Description

Jurnal Keilmuan dan Keislaman merupakan media komunikasi ilmiah yang bertujuan untuk menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, untuk mengabdi secara iklas kepada Allah dan memberi manfaat kepada sesama umat. Jurnal Keilmuan dan Keislaman dikembangkan berdasarkan ...