Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari)

Strategi Pembelajaran Guru yang Efektif dalam Perspektif Prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) di Sekolah Dasar : Literature Riview

Yhunanda, Yhunanda (Unknown)
Yoenanto, Nono Heri (Unknown)
Nawangsari, Nur Aini Fardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Guru yang efektif adalah guru yang mampu melihat kebutuhan siswa sesuai dengan tahapan perkembangannya dalam situasi apapun. Prinsip DAP (Developmentally Aproprriate Practice) memberikan konsep  pembelajarran sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Penelitian ini berusaha menunjukkann bagaimana strategi pembelajaran guru yang efektif ditinjau dari prinsip DAP (Developmentally Approprriate Practice). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah narative literature riview, dengan menggunakan 10 sumber jurnal rujukan dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang. Hasil   penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai efektifitas dalam pembelajaran, guru harus memperhatikan 3 dimensi utama dalam pendidikan dalam prinsip DAP. 1) Patut menurut usia (Age Appropiate) sesuai tahapan perkembangan, 2) Patut  menurut anak sebagai individu yang unik (Individual Appropiate), 3) Patut menurut lingkungan dan budaya. Melalui strategi yang tepat dan sesuai dengan tahapan perkembangan, maka ketercapaian potensi siswa akan lebih maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...