Guru yang efektif adalah guru yang mampu melihat kebutuhan siswa sesuai dengan tahapan perkembangannya dalam situasi apapun. Prinsip DAP (Developmentally Aproprriate Practice) memberikan konsep pembelajarran sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Penelitian ini berusaha menunjukkann bagaimana strategi pembelajaran guru yang efektif ditinjau dari prinsip DAP (Developmentally Approprriate Practice). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah narative literature riview, dengan menggunakan 10 sumber jurnal rujukan dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai efektifitas dalam pembelajaran, guru harus memperhatikan 3 dimensi utama dalam pendidikan dalam prinsip DAP. 1) Patut menurut usia (Age Appropiate) sesuai tahapan perkembangan, 2) Patut menurut anak sebagai individu yang unik (Individual Appropiate), 3) Patut menurut lingkungan dan budaya. Melalui strategi yang tepat dan sesuai dengan tahapan perkembangan, maka ketercapaian potensi siswa akan lebih maksimal.
Copyrights © 2023