Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi dan ketersediaan TIK, literasi TIK siswa dan guru matematika dan hambatan yang dialami oleh siswa dan guru MTs Negeri 1 Baubau dalam memanfaatkan TIK selama proses pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan 200siswa dan 30guru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa ketersediaan TIK cukup memadai dan kondisi TIK secara fisik terlihat bagus dan dapat dioperasikan, kategori literasi TIK siswa dan guru matematika cukup baik dan hambatan penggunaan TIK dalam proses pembelajaran matematika adalah guru dan siswa sering mengalami gangguan jaringan internet jika menggunakan data seluler, guru kesulitan mengontrol siswa saat pembelajaran daring, kesadaran dan motivasi siswa untuk belajar mandiri dan membiasakan diri belajar matematika dengan TIK masih rendah.
Copyrights © 2022