Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Model Pembinaan Nilai-Nilai Agama bagi Anak Usia Dini

Zakiyah, Ms. ( Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokero)
Makhful, Mr. ( Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokero)
Sajawandi, Labib ( 2Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Belakangan ini anak-anak cenderung menujukkan perilaku yang menyimpang dan melanggar norma, baik norma agama, hukum, norma sosial maupun norma moral. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai perilaku seperti ; sering terjadinya tawuran antar pelajar, mengkonsumsi obat – obat terlarang, seks bebas dan lain sebagainya. Perilaku  tersebut merupakan efek panjang dari pembinaan nilai-nilai agama dan moral yang gagal dari orang tua dan guru. Bahkan disinyalir hal tersebut dikarenakan kegagalan  pendidikan pada usia sebelumnya yakni  usia ketika anak dalam  rentang usia kanak-kanak (usia dini). Penerapam Ipteks ”IbM Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak (K3TK) Kecamatan Kembaran dan Ikatan Guru Bustanul Athfal (IGB) Kawedanan Sokaraja Banyumas ” ini mempunyai tujuan memberikan pemahaman komprehensif tentang model pembinaan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini, yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Metode yang digunakan dengan melibatkan keaktifan peserta dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dengan menggunakan metode ceramah dialogis, tanya jawab, diskusi , kerja kelompok dan praktek langsung di TK mitra. Hasil kegiatan , model pembinaan nilai-nilai agama dan moral anak bagi usia dini dilakukan dengan integratif (menyatupadukan pembinaan dengan tema pembelajaran saat itu) dengan mengikuti langkah–langkah :1) appersepesi,2) bercakap-cakap tentang nilai-nilai agama dan moral (sesuai dengan indikator), 3) berbagi cerita pengalaman anak dalam pengamalan nilai-nilai agama dan moral, 4) penggunaan media yang tepat dan menarik sesuai dengan indikator, 5) permainan nilai-nilai agama dan moral, 6) refleksi permainan, 7) penekanan nilai-nilai agama dan moral dan 8) tindak lanjut dari pembinaan. Disamping itu pengabdian menghasilkan berbagai skenario model pembinaan yang merupakan langkah kongkrit perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembinaan yang memuat hari/ tanggal, waktu, topik, indikator, materi, metode, media, skenario / langkah-langkah pembinaan dan penilaian  Kata kunci : model pembinaan nilai-nilai agama dan moral, anak usia dini, perilaku.

Copyrights © 2014