Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kela IV SDN 3 Maria. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova satu jalur dengan bantua SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peroleh Fhitung sebesar 4.617 dan nilai sig 0.00 < 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria Tahun Pelajaran 2020/2021. Sehingga pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS berada pada kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022