Jurnal Ilmiah Pendas : Primary Education Journal
Vol 3 No 2 (2022): Desember 2022

PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 MARIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nur Ika (Unknown)
Nurhasanah Nurhasanah (PGSD FKIP Universitas Mataram)
I Nyoman Karma (PGSD FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kela IV SDN 3 Maria. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova satu jalur dengan bantua SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peroleh Fhitung sebesar 4.617 dan nilai sig 0.00 < 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria Tahun Pelajaran 2020/2021. Sehingga pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram. Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni (Januari-Juni), dan Desember (Juli-Desember). Berisi artikel-artikel hasil penelitian dan ...