ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kemampuan para siswa Sekolah Dasar penutur bahasa Banyumas dalam menggunakan bahasa Banyumas sehari-hari dan mengetahui jenis kosakata bahasa Banyumas apa saja yang telah hilang atau yang tidak dimengerti oleh para siswa Sekolah Dasar penutur bahasa Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan melalui survey dengan cara memberikan kuesioner kepada para responden. Data yang diperoleh merupakan terjemahan kata bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa Banyumas yang diberikan kepada responden. Selain itu, Peneliti menggunakan teknik instrospeksi yang digunakan untuk mendukung pemerolehan data primer Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan para sisw SD penutur bahasa Banyumas dalam menggunakan bahasa Banyumas sehari hari adalah baik. Pengaruh hilangnya kosa kata diantaranya disebabkan oleh faktor lingkungan, teknologi, dan frekuensi penggunaan bahasa. Peneliti juga menyarankan agar penggunaan bahasa Banyumas demi pelestariannya harus ditingkatkan serta dimasukkannya bahasa Banyumas ke dalam kurikulum.  Kata Kunci: Kehilangan bahasa, kosakata, BanyumasÂ
Copyrights © 2014