Penelitian ini memiliki tujuan guna mengidentifikasi kesulitan siswa ketika menyelesaikan soal cerita dalam materi bangun datar kelas VII D SMPN 2 Kotabaru. Jenis penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 21 siswa VII D. Teknik pengumpulan data dengan metode tes esai yang berisi tentang soal cerita pada materi bangun datar dan metode wawancara. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu subjek berkemampuan tinggi pada Tes I dan II dapat menguasai semua indikator kesulitan ketika menyelesaikan soal cerita, subjek berkemampuan sedang pada Tes I dan II mampu memahami semua indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, sedangkan berkemampuan rendah pada Tes I dan II kurang memahami dan menguasai indikator kesulitan menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar.
Copyrights © 2022