Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 3 (2022)

Identification of student difficulties in completing story questions on flat building materials for SMPN class VII

Agus Syarifuddin (STKIP Paris Barantai)
Arham Syahban (STKIP Paris Barantai)
Faisal Batennie (STKIP Paris Barantai)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengidentifikasi kesulitan siswa ketika menyelesaikan soal cerita dalam materi bangun datar kelas VII D SMPN 2 Kotabaru. Jenis penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 21 siswa VII D. Teknik pengumpulan data dengan metode tes esai yang berisi tentang soal cerita pada materi bangun datar dan metode wawancara. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu subjek berkemampuan tinggi pada Tes I dan II dapat menguasai semua indikator kesulitan ketika menyelesaikan soal cerita, subjek berkemampuan sedang pada Tes I dan II mampu memahami semua indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, sedangkan berkemampuan rendah pada Tes I dan II kurang memahami dan menguasai indikator kesulitan menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...