Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Deskripsi Status Gizi Balita, Serta Partisipasi Orang Tua pada Masa Pandemi Covid-19

Rosita Wondal (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate)
Nurhamsa Mahmud (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate)
Natalina Purba (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Erna Budiarti (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi)
Umikalsum Arfa (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate)
Winda Oktaviani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Status gizi dapat menggambarkan status kesehatan dari seseorang yang dihasilkan oleh keseimbangan antara pemasukan zat gizi dan kebutuhan tubuh terkait dengan zat gizi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status gizi Balita pada masa pandemi covid-19 di Kota Ternate, serta partisipasi orang tua dalam kesehatan dan gizi anak. Tipe penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey pada 3 titik kecamatan di Kota Ternate yakni Ternate Barat, Tengah dan Selatan, dengan sampel Balita yang berjumlah 2798. Analisis data dengan bantuan aplikasi pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM), wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)  Rata-rata status gizi Balita pada masa pandemi covid-19 di kota Ternate masih tergolong berada pada status normal, dengan 884 Balita. Yang mengalami gizi buruk sebesar 4 Balita, gizi kurang 12 Balita, Resiko gizi lebih 21 Balita, gizi lebih 6 Balita dan Obesitas sebanyak 4 Balita, dan 2) Masih belum adanya kesadaran Sebagian Orang tua dalam berpartisipasi untuk membawa anak di puskesmas atau posyandu setempat. Oleh sebab itu diperlukan edukasi pada orangtua agar mewujudkan keluarga yang sadar gizi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...