JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 8, No 1 (2022): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif

Firmansyah Alib Nur Wibowo (Universitas PGRI Semarang)
Yanuar Hery Murtianto (Universitas PGRI Semarang)
Sutrisno Sutrisno (Scopus ID: 57199144819 - Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pemecahan masalah pada soal literasi matematika berdasarkan Teori Polya pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Subyek penelitian adalah siswa SMP PGRI 1 Semarang yang dipilih secara purposif. Subyek terdiri dari empat siswa, dua siswa bergaya kognitif reflektif dan dua siswa bergaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data meliputi Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini berbantuan software NVivo untuk manajemen dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subyek reflektif mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanaan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Sementara itu, subyek impulsif belum mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...