Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pemecahan masalah pada soal literasi matematika berdasarkan Teori Polya pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Subyek penelitian adalah siswa SMP PGRI 1 Semarang yang dipilih secara purposif. Subyek terdiri dari empat siswa, dua siswa bergaya kognitif reflektif dan dua siswa bergaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data meliputi Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini berbantuan software NVivo untuk manajemen dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subyek reflektif mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanaan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Sementara itu, subyek impulsif belum mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022