Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2023): Januari

Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung

Ade Aransyah (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
Herpratiwi Herpratiwi (Universitas Lampung)
Muhammad Mona Adha (Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Universitas Lampung)
Dwi Yuliati (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Program sekolah ini dirancang untuk mendukung setiap sekolah dalam menciptakan generasi pembelajar sepanjang hayat yang berkepribadian sebagai siswa pelajar Pancasila.Komitmen yang kuat, kesungguhan dan implementasi nyata dari semua pihak, sehingga profil pelajar pancasila dapat tertanam pada peserta didik. Pada pelaksanaannya dewan guru sebagai fasilitator merasakan kebingungan dalam merancang pelaksanaan pembelajaran disekolah terutama pada penyusunan perangkat ajar yang berupa modul ajar pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi evaluasi modul kurikulum merdeka sekolah penggerak terhadap peserta didik sma perintis 1 bandar lampung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi. populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XII SMA Perintis 1 Bandar Lampung yang berjumlah 30 peserta didik dengan menggunakan teknik random sampling yang mengikuti mata pelajaran PKn, pemilihan mata pelajaran Pkn ditentukan mengingat waktu yang terbatas. Penelitian ini menggunakan 20 item insturmen dengan hasil reabilitas instrument 0,847 yang memiliki alternative reabilitas instrument sangat tinggi. Guna mengetahui ada pengaruh atau tidaknya Implementasi pelatihan modul merdeka belajar terhadap peserta didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung, dilakukan uji hipotesis N-Gain dengan mengukur hasil prestest dan posttest nilai ujian Pkn Peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...