Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2023): Januari

Nilai Sosial Film KKN di Desa Penari dan Implementasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Farida Fitriani (Unknown)
Wiwiek Zainar Sri Utami (UNDIKMA)
Ani Endriani (UNDIKMA)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai sosial yang terkandung dalam film KKN di Desa Penari serta implementasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menonton adegan film, pengkodingan, pendeskripsian, interprestasi, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat dampak negatif dan positif. Dampak positif pada film KKN di Desa Penari ini ditemukan delapan nilai sosial diantaranya tolong-menolong, kekeluargaan, kepedulian, tanggung jawab, kedisiplinan, toleransi, nilai agama dan gotong-royong. Sedangkan dampak negatif sebagai pembelajaran di masa yang akan datang, bahwa tindakan atau tingkahlaku yang kurang baik, tidak untuk ditiru. Adapun implementasi pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMAN 1 Gerung diharapkan siswa mempunyai pengetahuan tentang nilai sosial dan menumbuhkan kreativitas serta minat siswa untuk belajar sastra, sehingga mampu mengembangkan kepekaan siswa terhadap nilai sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...