LAVOISIER: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 1 (2022): LAVOISIER: Chemistry Education Journal

Praktikalitas E-modul Hidrolisis Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Kelas IX SMA

Rosanna, Desi Lisa (Unknown)
Meliza, Meliza (Unknown)
Frisilla, Sonya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas e-modul hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian RD dengan model Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji praktikalitas siswa pada e-modul. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang guru kimia danĀ  26 orang siswa kelas XII SMAN 14 Padang. Data dianalisis dengan formula Moment Kappa (k). Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa e-modul menarik, huruf jelas, bahasa mudah dimengerti sehingga siswa mudah memahami materi. Hasil analisis data rata-rata nilai Moment kappa pada tahap uji praktikalitas guru dan siswa sebesar 0,84 dan 0,82 denganĀ  kategori keduanya tinggi. Data ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menjawab soal pada e-modul sebesar 87% dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa e-modul e-modul hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA telah praktis digunakan dalam proses pembelajaran Kimia SMA dengan kategori kepraktisan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran kimia di SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lavoisier

Publisher

Subject

Chemistry Social Sciences Other

Description

LAVOISIER: Chemistry Education Journal, is a journal of chemistry education published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Education and Teacher Training, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. This journal provides readers with present developments in chemistry education ...