Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 5 No 2 (2022): Edusociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 DONGGO

Makarau Makarau (SMA Negeri 1 Donggo)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran guru akan ketahui jika sekolah melakukan supervis akademik yang simultan. Salah satu tugas kepala sekolah adalah melakukan inspeksi akademik. Kemampuan melakukan supervisi merupakan modal dasar yang harus dipahami oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja, kompetensi guru-gur dalam proses pembelajaran. Jadi menjadi tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh supervisi akademik yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Donggo. Adapun yang menjadi metode penelitian adalah kuantitatif dengan melihat pengaruh supervise akademik kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 1 Donggo. Jenis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel 8 orang guru SMAN 1 Donggo. Tehnik anaisis data menggunakan uji persamaan regresi linear sederhana, dan uji produk moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh supervise akademik terhadap peningkatan mutu pembelajaran, hal terlihat peningkatan mutu pembelajaran dari mulai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Dimana pada pra siklus mutu pembelajaran berada pada nilai rata-rata sebesar 77,31, kemudian meningkat menjadi 81,38 pada siklus 1, dan menjadi 85,18 pada siklus 2

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...