Peningkatan mutu pembelajaran guru akan ketahui jika sekolah melakukan supervis akademik yang simultan. Salah satu tugas kepala sekolah adalah melakukan inspeksi akademik. Kemampuan melakukan supervisi merupakan modal dasar yang harus dipahami oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja, kompetensi guru-gur dalam proses pembelajaran. Jadi menjadi tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh supervisi akademik yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Donggo. Adapun yang menjadi metode penelitian adalah kuantitatif dengan melihat pengaruh supervise akademik kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 1 Donggo. Jenis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel 8 orang guru SMAN 1 Donggo. Tehnik anaisis data menggunakan uji persamaan regresi linear sederhana, dan uji produk moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh supervise akademik terhadap peningkatan mutu pembelajaran, hal terlihat peningkatan mutu pembelajaran dari mulai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Dimana pada pra siklus mutu pembelajaran berada pada nilai rata-rata sebesar 77,31, kemudian meningkat menjadi 81,38 pada siklus 1, dan menjadi 85,18 pada siklus 2
Copyrights © 2022