Peranan Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Donggo. Metode penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pengelolaan data secara kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriftif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti secara mendetail dan mendalam. Dalam penelitian ini yang dijadikan subyek penelitian adalah guru, Sedangkan obyek penelitian adalah Pengawas dan kepala Sekolah. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa Pelaksanaan Tugas Supervisor Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Donggo yaitu supervisor edukatif dan supervisi administrasi. Yang menyangkut program umum sekolah, kurikulumm kegiatan evaluasi, supervisi kesiswaan, kemasyarakatan dan supervisi sdministrasi sekolah, Seorang supervisor hendaknya mempunyai visi yang lebih luas dibandingkan dengan bawahannya agar peranan dan misi yang diembangnya sebagai supervesor dapat berjalan lancar. Dengan demikian kepada pengawas kirannya laporan tertulis dari kepala Sekolah yang melaksanakan fungsi-fungsi supervisi di sekolahnya masing-masing, betul-betul diperhatikan sehingga oleh pengawas laporan tersebut dapat ditindaklanjuti untuk pembinaan lebih lanjut
Copyrights © 2022