Jurnal Ilmiah Ibtida; Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang
Vol 3 No 2 (2022): EDISI AGUSTUS 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VI TAHUN AJARAN 2021/2022

Fitria, Anis (Unknown)
Susianti, Oni Marliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

Siswa kelas VI di SDN Seddur 2 sebagian besar siswanya belum memahami konsep dan tidak menguasai secara penuh terhadap materi operasi hitung bilangan bulat, model pembelajaran aktif kurang diterapkan, kurangnya guru dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran materi ini. sehingga akibat dari hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah pada materi ini, kurang memotivasi siswa, dan siswa kurang tertarik dalam pembelajarannya. Adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas VI SDN Seddur 2. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua langkah yang berfokus pada perbaikan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah dilihat dari aktivitas siswanya dapat dipresentasekan 57,2% pada siklus I berubah menjadi 95,3% pada siklus II, berdasarkan aktivitas gurunya dapat dipresentasekan 71,4% pada siklus I berubah menjadi 95,3% pada siklus II, adapun hasil belajar siswanya dapat dipresentasekan 50% pada siklus I berubah menjadi 95% pada siklus II. Berdasarkan informasi yang ada, dapat dikatakan bahwa penggunaan model kooperatif tipe make a match di kelas VI SDN Seddur 2 menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtida

Publisher

Subject

Education

Description

Ibtida adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan guru khususnya pada jenjang MI/SD. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat ...