Abstrak Awal tahun 2020 kita kedatangan tamu yang bernama covid-19, yang mana virus tersebut mengejutkan seluruh manusia didunia. Hal tersebut memberikan dampak yang begitu luas. Hal ini yang menyebabkan pembelajaran di sekolah maupun di universitas berubah menjadi daring (dalam jaringan). Adapun pembelajaran ini diterapkan juga di IAIN SAS Babel. Namun pada kenyataannya pembelajaran daring menimbulkan beberapa keluhan di antara mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab itu sendiri. Di antaranya adalah tidak semua mahasiswa bertempat tinggal di daerah yang memiliki sinyal internet yang bagus di daerah pedesaan. Adapun jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa PBA 18 IAIN SAS Babel dengan sampel penelitian adalah seluruh populasi yang ada dengan jumlah 18 mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui minat belajar mahasiswa PBA 18 semasa pandemi (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa PBA 18. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar mahasiswa menurun selama proses pembelajaran daring. pembelajaran daring memberikan pengarug terhadap minat belajar mahasiswa yakni sebesar 53,1%. Abstract At the beginning of 2020, we have a guest named Covid-19, where the virus has shocked all humans in the world. This has such a broad impact. This is what causes learning in schools and universities to turn online (in the network). This learning is also applied at IAIN SAS Babel. However, in reality online learning has caused several complaints among Arabic Language Education students themselves. Among them is that not all students live in areas that have a good internet signal in rural areas. The type of this research is quantitative. The population in this study were PBA 18 IAIN SAS Babel students with the research sample being the entire population with a total of 18 students. The purpose of this study was (1) to determine the learning interest of PBA 18 students during the pandemic (2) to determine the effect of online learning on the learning interest of PBA 18 students. The data analysis used is simple linear regression analysis. The results showed that students' interest in learning decreased during the online learning process. online learning has an effect on students' interest in learning, which is 53.1%.
Copyrights © 2021