Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 3, November 2021

PERSEPSI ORANGTUA ANAK PUTUS SEKOLAH TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS DI KELURAHAN TOMBOLO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Retno Wulandari (Universitas Negeri Makassar)
Zainal Arifin (UNiversitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui 1) Persepsi orangtua anak putus sekolah terhadap program pendidikan gratis di Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, dan 2) Faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di  Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini kualitatif tipe deskriptif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu masyarakat Tombolo dan anak yang putus sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persepsi orangtua anak putus sekolah terhadap pendidikan gratis di Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, yaitu (a) Pendidikan gratis dipandang meringankan beban biaya dan meningkatkan partisipasi pendidikan masyarakat, (b) Pendidikan gratis dipandang belum total dan merata. 2) Faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, dipengaruh oleh beberapa aspek yaitu (a) Motivasi pribadi (pendorong dan penghambat partisipasi dalam penerapan pendidikan gratis), (b) Paradigma pendidikan (sebagai sebuah hal penting), (c) Rendahnya pemahaman masyarakat tentang pendidikan gratis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...