Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 2, Juli 2021

PENGGUNAAN EDMODO DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 BULUKUMBA

Andi Fitri Suci Isman (Univeristas Negeri Makassar)
Muhammad Syukur (Univeristas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apa alasan guru menggunakan edmodo dalam proses pembelajaran, 2) apa kendala penggunaan edmodo dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sumpling dengan kriteria menggunakan edmodo 1-3 tahun dan berusia 20-45 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu melakukan wawancara kepada orangtua siswa untuk memastikan kembali apakah hasil dari wawancara dengan guru mengenai penggunaan edmodo parent oleh orangtua sesuai dengan yang dikatakan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan edmodo dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Bulukumba 1) alasan guru menggunakan edmodo dalam proses pembelajaran yaitu, a) tampilan yang menarik, b) memudahkan guru mengirim materi pelajaran, c) untuk berkomunikasi ketika tidak berada di ruangan yang sama, d) diskusi online sesuai kelompok, e) memberikan ulangan secara online dengan beragam soal, f) dapat terhubung dengan orangtua. 2) kendala penggunaan edmodo dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19 yaitu, a) penilaian sikap, b) ketersediaan jaringan.. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...