Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 2, Juli 2021

TRANSMIGRASI SEBAGAI MITIGASI BENCANA ALAM (STUDI DI DESA SAWITTO KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG)

Riska wati (Univeristas Negeri Makassar)
Mario Mario (Univeristas Negeri Makassar)
Idham Irwansyah (PUniveristas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses perencanaan dan pelaksanaan Transmigrasi sebagai Mitigasi Bencana Alam di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. (2) Dampak sosial ekonomi dari program transmigrasi sebagai mitigasi bencana alam di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Teknik penentuan informan menggunakan purpose sampling. Penarikan informan di dasarkan pada kriteria yaitu (1 ) Pemerintah Desa yang berwenang (2) Masyarakat yang telah berdomisili di Desa Sawitto minimal sebelum desa dipindahkan. (3) Warga masyarakat yang telah berkeluarga dan memiliki pengetahuan luas mengenai fenomena. Informan penelitian sebanyak 8 orang yang berdomisili di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transmigrasi di Desa Sawitto merupakan salah satu bentuk mitigasi bencana alam karena desa tersebut memiliki resiko bencana seperti tanah longsor, angin putting beliung dan juga kemarau panjang. Adapun dampak yang ditimbulkan dari program transmigrasi sebagai mitigasi bencana di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang ini dapat dilihat dari dampak sosial yaitu peningkatan pendidikan dan kondisi tempat tinggal masyarakat selama menempati lokasi yang baru. Sedangkan dari segi ekonomi yaitu peningkatan pendapatan dan pekerjaan masyarakat.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...