Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 1 Maret 2021

PERILAKU MENYIMPANG (STUDI SEKSUAL PRANIKAH DI PADANGMAWALLE KECAMATAN TUBBI TARAMANU KABUPATEN POLEWALI MANDAR)

Ernianti Ernianti (Universitas Negeri Makassar)
Zainal Arifin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Perilaku Menyimpang (Studi Seksual Pranikah Di Padangmawalle Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu Anak remaja yang hamil sebelum melakukan pernikahan di usia 11-25 tahun. Jumlah informan sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Faktor penyebab seksual pranikah terhadap anak remaja di Padangmawalle Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar adalah: Faktor Internal: a) Kurangnya pengetahuan anak tentang seks, seksual, dan seksualitas. Faktor Eksternal: a) Media sosial (youtube, facebook, dan whatsapp) (b) Kurangnya sosialisasi orangtua tentang seksual terhadap anak. (c) Pengaruh teman sebaya. 2) Dampak seksual pranikah terhadap anak remaja di Padangmawalle Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar adalah: a) Dampak psikologi (perasaan cemas, frustasi, takut, dan merasa bersalah atas apa yang dilakukan). dan b) Dampak sosial (dikucilkan, putus sekolah, dan menjadi buah bibir dalam masyarakat).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...