Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare, dan 2) Kendala guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan guru yang aktif mengajar, guru yang telah mengajar lebih dari 5 tahun, dan guru yang telah tersertifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare yaitu: (a) sebagai mitra belajar mengembangkan karakter keterampilan, produktivitas personal, dan tujuan diri. (b) sebagai pengembang komunitas guru mengembangkan karakter etika, tanggung jawab individu, dan tanggung jawab sosial.(c) sebagai penggerak mengembangkan  karakter kepemimpinan, akuntabilitas, adaptasi. 2) Kendala guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 yaitu: (a) penggunaan media pembelajaran, (b) keterampilan dan karakter siswa, dan (c) penggunaan model pembelajaran.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021