Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 2, Juli 2021

PERAN GURU DALAM PENERAPAN KARAKTER PENDIDIKAN ABAD 21 PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAREPARE

Muh Rizaldy Saputra (Univeristas Negeri Makassar)
Muhammad Syukur (Univeristas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare, dan 2) Kendala guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan guru yang aktif mengajar, guru yang telah mengajar lebih dari 5 tahun, dan guru yang telah tersertifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare yaitu: (a) sebagai mitra belajar mengembangkan karakter keterampilan, produktivitas personal, dan tujuan diri. (b) sebagai pengembang komunitas guru mengembangkan karakter etika, tanggung jawab individu, dan tanggung jawab sosial.(c) sebagai penggerak mengembangkan  karakter kepemimpinan, akuntabilitas, adaptasi. 2) Kendala guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 yaitu: (a) penggunaan media pembelajaran, (b) keterampilan dan karakter siswa, dan (c) penggunaan model pembelajaran.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...